Home > Data Mining, LINUX > Database tool di linux berbasis GUI

Database tool di linux berbasis GUI

Untuk para pengguna Ubuntu atau varian Linux yang lain, sekarang bisa menggunakan Navicat sebagai Mysql Client GUI -nya. Cara lama yang dulu saya gunakan adalah dengan meng-install wine (software sakti untuk bukan applikasi windows di linux) untuk menjalankan mysql-front atau navicat versi windows, tapi terkadang masih terasa berat/hank.

Iseng-iseng browsing di situsnya navicat, ternyata ada juga versi education yang free, navicat-lite untuk linux, anda bisa dowload disini : http://www.navicat.com/download.php?id=3. Perlu diketahui, Navicat versi linux ini hanya mendukung untuk Mysql saja. Tapi ini memang sangat berguna bagi programmer web amatiran-musiman seperti saya.

PremiumSoft yang membuat Navicat berkomitmen untuk kerjasama dengan dunia pendidikan, sekolah dan dunia industri untuk memaksimalkan pengalaman belajar seperti ini. So, kapan ya ada versi Ubuntu yang ada mysql-front atau navicat nya? Biar gampang “apt-get install”.

Tapi Anda jangan bangga dulu. Karena setelah berhasil didownload, ternyata isinya adalah applikasi navicat dalam bentuk .exe (format windows), dan wine. (Hah)… itu artinya navicat hanya menyediakan versi untuk windows saja, dan bagi pengguna linux silahkan pake wine lagi. Wah ketipu nih.
Tapi alasan saya tetap menggunakan navicat adalah karena ringan baik di windows maupun di linux. Untuk itu saya sarankan anda untuk gunakan navicat-lite pada Ubuntu Anda, agar lebih ringan dan stabil.


navicat versi Windows di Ubuntu (dengan Wine)

Bagaimana caranya?
Ok akan saya sampaikan dengan style saya. Berhubung file ekstraknya hanya berisi hal-hal yang saya sebutkan diatas. Maka kita tidak perlu menginstallnya, menurut analisa dan penerawangan saya, kita cukup meng-copy-paste ketempat tertentu, saya pilih untuk mengirimkannya ke /opt (tempat saya biasa menginstall sesuatu). Tapi Anda juga bisa saja meletakkan ditempat yang lain.

sudo tar -zxvf navicat8lite_mysql_en.tar.gz
sudo mv navicat8lite_mysql_en /opt/

untuk menjalankan, cukup seperti ini :
/opt/navicat8lite_mysql_en/start_navicat

agar lebih mudah lagi, anda bisa tambahkan pada Panel.

Navicat-Lite versi Linux di Ubuntu

Bagaimana kalau versi Windows?
Untuk menggunakan yang versi Windows di Linux, ada 2 jalan. Jika Anda punya 2 OS, bisa saja Anda install dulu di Windows, kemudian dijalankan di Linux dengan menggunakan wine.
Atau bisa juga langsung Anda install Navicat8lite di Linux dengan menggunakan Wine.

 

Install Navicat versi Windows di Ubuntu (dengan Wine)

Categories: Data Mining, LINUX
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: