Home > umum > Menjadi Developer dengan Tool Gratisan

Menjadi Developer dengan Tool Gratisan

Membentuk tim developer tentu saja membutuhkan biaya. Salah satu biaya yang ditekankan adalah pembelian toolkit seperti software yang memang bisa tergolong mahal. Akan tetapi, kamu tetap bisa membentuk tim developer dengan menggunakan software yang tergolong murah bahkan gratis.

Jamie Aisthorpe, seorang game designer Australia memberikan sebuah tips dalam blog-nya, untuk teman-teman developer yang ingin membentuk tim developer yang bersifat hemat. Hal ini tentu saja akan menekan biaya teman-teman developer dalam membuat sebuah game.

Unity3D : Game Engine

Salah satu tools paling sering digunakan oleh para developer game. Unity dapat diperoleh dengan gratis, dan kamu juga bisa mengkomersialisasikan game kamu dengan menggunakan software Unity versi gratis ini, selama pendapatan tim developer kamu di bawah $100,000. Unity menggunakan javascript dan bahasa pemrograman C#, selain itu kamu juga bisa melakukan porting ke mobile, seperti iOS dan Android. Unity versi terbaru juga sudah mendukung pembuatan game 2D.

OpenOffice : Documentation

Segala jenis dokumentasi, tidak perlu membeli software office yang tergolong mahal. OpenOffice menawarkan dengan gratis. OpenOffice sudah termasuk word processor yang bernama “Writer”, spreadsheet editor yang bernama “Calc” dan software presentasi yang bernama “Impress”. Selain itu OpenOffice juga menawarkan software menggambar sederhana yaitu “Draw” yang juga sudah termasuk di dalam paket OpenOffice tersebut.

GNUCash : Accounting

Butuh software keuangan? GNUCash tersedia secara gratis untuk memenuhi kebutuhan accounting proyek yang akan kamu kerjakan. GNUCash juga dibuat untuk small business accounting, sehingga dapat mudah digunakan dan dimodifikasi untuk mengatur segala keuangan bisnis yang sedang teman-teman developer jalankan.

Audacity : Sound Effects

Membuat sound effect bisa menggunakan Audacity yang sifatnya gratis dan open-source. Audacity bisa digunakan untuk merekam dan editing efek suara. Audacity sangat mudah dan simpel untuk digunakan.

Sunvox : Music

Sunvox adalah sebuah software musik digital yang memiliki antarmuka dengan tampilan synthesizer modular yang menarik pada awalnya, lalu menjadi sangat intuitif dan menciptakan potongan musik yang terdengar bagus. Menariknya penggunaan tracker dan synths modular bekerja sangat baik dan dapat membuat virtual instrumen untuk musik teman-teman developer.

Blender : 3D Animation

Blender adalah salah satu software yang sangat powerful dalam membuat desain 3D. Software ini dapat membuat apapun yang berhubungan dengan 3D, dari animasi hingga game. Teman-teman developer juga bisa melakukan video editing untuk game kamu. Yang menariknya lagi, Blender bersifat open source dan gratis.

Pencil2D : 2D Animation

Kamu ingin membuat game dengan desain 2D? Pencil2D adalah salah satu tool yang bisa teman-teman gunakan dalam mengolah animasi 2D. Pencil2D adalah aplikasi yang bersifat open source. Kamu bisa menggunakan Pencil2D untuk membuat animasi bitmap ataupun berjenis vector. Pencil2D juga berjalan dengan baik di tablet jika dibandingkan dengan software lainnya.

GIMP : Image Manipulation

Software yang memiliki kepanjangan “GNU Image Manipulation Program” ini, memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi pengolah gambar paling banyak digunakan, photoshop. Meskipun software ini bersifat gratis, akan tetapi GIMP sangat powerful dalam melakukan manipulasi gambar. Bahkan kamu bisa menambahkan plug-in agar GIMP memiliki fungsi yang kamu inginkan.

Inkscape : Vector Manipulation

Teman-teman butuh pengolah gambar vektor? Inkscape dapat memenuhi kebutuhan teman-teman. Inkscape adalah software pengolah gambar vektor yang dapat menyimpan dalam format .svg atau format file vektor lainnya. Selain itu, Inkscape juga dilengkapi dengan font editor yang sangat berguna untuk membuat font pada tombol dalam sebuah game.

Nah teman-teman gamer, itu adalah salah satu alternatif teman-teman yang ingin membangun sebuah tim developer yang mungkin dibangun dari nol. Sehingga teman-teman tidak perlu menunggu terkumpul dana untuk membeli software-software atau bahkan menggunakan bajakan.

Teman-teman gamer punya ide yang lebih baik? Yuk share!

sumber: http://segitiga.net

Categories: umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: