Home > CMS, Security, umum > Cara Mengetahui Theme Dan Plugin Website

Cara Mengetahui Theme Dan Plugin Website

Pada saat kita mengunjungi website atau blog orang lain, mungkin terlintas di pikiran kita dan bertanya-tanya theme wordpress apa yang dipake dalam blog tersebut. Di postingan saya kali ini mari kita lihat bagaimana untuk mencari tahu theme wordpress dan plugin yang digunakan dalam sebuah website ataupun blog?.

Karena wordpress bersifat open source, kita bisa leluasa memodifikasi nya sesuai keinginan. Dan wordpress merupakan platform blogging terbaik serta mudah digunakan. Di World Wide Web ada 60 juta lebih website yang didukung oleh wordpress. Anda bisa mendapatkan banyak theme dan plugin gratis dari wordpress.org.

Metode ini bekerja untuk sebagian besar website dengan platform wordpress. Berikut adalah metode yang umum dan sederhana tentang cara untuk mencari tahu theme dan plugin wordpress apa yang digunakan dalam sebuah website.

Metode #1

Metode ini adalah paling sederhana, yaitu dengan melihat pada bagian bawah atau footer pada website tersebut. Disitu biasanya dijelaskan tentang platform yang sedang digunakan. Akan tetapi cara ini tidak bisa untuk mengetahui plugin yang digunakan.

Metode #2

Cara kedua adalah dengan melihat source code pada website tersebut, caranya sebagai berikut;

  • Klik kanan pada halaman website tersebut, lalu klik View Page Source.
  • Kemudian halaman baru akan muncul dengan isi source code nya.
  • Sekarang kita bisa mencari nya dengan Ctrl+F, lalu ketikkan themes atau plugin.
  • Hasilnya akan terlihat seperti wp-content/themes/“nama theme” dan wp-content/plugins/“nama plugin”.

Note: Maaf, untuk metode kedua ini anda bisa coba pada blog lain.

Metode #3

Jika anda yakin sebuah situs sedang menggunakan platform WordPress, cara tercepat untuk mengetahuinya adalah dengan whatwpthemeisthat.com.

whatwpthemeisthat.com adalah sebuah website yang hanya dibuat untuk mencari theme dari website dan blog seperti mesin pencari. Website ini dapat mengetahui theme wordpress apapun, jika website tersebut menggunakan WordPress. Dengan kata lain tidak bekerja pada jenis platform buatan sendiri atau selain wordpress.

Lihat pada gambar diatas, anda cukup masukkan link website yang ingin anda ketahui pada Enter a domain or URL, kemudian klik pada Check Site. Anda juga akan mendapatkan rincian keterangan tentang website tersebut seperti;

  1.    Nama theme
  2.    Author Theme
  3.    Homepage Theme
  4.    Deskripsi dari theme tersebut
  5.    Versi Theme
  6.    Screenshot Theme

Dan semua plugin yang terinstall akan terdeteksi dari website yang anda ingin ketahui tersebut. Kemudian jika anda suka dengan theme atau plugin yang digunakan, anda bisa mencari atau mendownloadnya. Keuntungan yang bisa kita dapat adalah kita ber-eksperimen dengan banyak theme maupun plugin.

Semoga cara ini dapat membantu anda untuk mencari tahu theme atau plugin yang digunakan oleh sebuah situs yang ingin anda ketahui.

 

sumber http://www.googlimz.net

Categories: CMS, Security, umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: