Home > INFO, MUSIK > Aplikasi Untuk Membuat Musik dan Instrumen Gratis dan Open Source

Aplikasi Untuk Membuat Musik dan Instrumen Gratis dan Open Source

Tidak semua aplikasi untuk membuat musik atau instrumen digital itu berbayar dan mahal. Ada ratusan aplikasi diluar sana yang dirancang oleh dan untuk orang yang memang cinta dengan dunia musik.

Membuat musik sekarang bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak harus di studio musik, dirumahpun bisa, asalkan Anda mengerti cara-caranya.

Untuk Anda yang suka atau ingin membuat musik namun terkendala akan biaya, diluar terdapat banyak aplikasi dengan lisensi Creative Commons yang bisa Anda gunakan.

Berikut ini beberapa aplikasi pembuat musik gratis yang bisa Anda download dan gunakan untuk membuat instrumen dan lain sebagainya.

Belajar Teori Musik

Phonascus adalah aplikasi open source yang dirancang untuk membantu Anda mempelajari bagaimana musik bekerja. Termasuk sejumlah keterampilan dan latihan bagi siswa musik, selain itu bisa untuk mempelajari teori dan membantu agar telinga Anda nyetel dengan suara musik.

Pnonascus dikembangkan di Launchpad dan dibuat sebagai sebuah open source yang berada di bawah GPL versi 3. Versi yang sudah dikompilasi tersedia untuk Linux dan Windows

Merekam dan mengedit audio

Audacity adalah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk import dan ekspor ke format gratis maupun berbayar, bisa untuk memotong, mengedit klip, menangani multi-track editing, menyesuaikan kecepatan rekaman dan fitur lainnya.

Audacity

Audacity dirilis sebagai sebuah open source dibawah lisensi GPL 2 atau dibawahnya, dan kode sumbernya tersedia di Github. Tersedia untuk Windows, Mac dan juga Linux.

Mengatur Instrumen Anda

FMIT

Free Music Instrument Tuner (FMIT) adalah salah satu aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mengatur instrumen agar tetap selaras. Aplikasi ini seperti tuner versi digital. FMIT adalah opensource yang berada dibawah GPL versi 2, dan bisa berjalan di Linux dan Windows, sedangkan kodenya tersedia di GitHub.

Menulis lembaran musik

LilyPond

LilyPond adalah salah satu aplikasi yang bisa membuat Anda seperti seorang komposer musik. Anda tidak perlu menulis musik dengan tulisan tangan lagi. LilyPond memungkinan Anda untuk membuat lembaran musik. LilyPond menggunakan input teks untuk diubah menjadi lembaran musik dan dapat ditanam di sejumlah program. LilyPond bisa berjalan di Linux, Mac dan Windows berada dibawah lisensi GPL versi 3.

Mengurutkan musik elektronik

Jika Anda ingin membuat musik elektronik Anda sendiri, Anda harus mencari sebuah Digital Audio Workstation (DAW) yang Anda suka. DAW memiliki sejumlah fitur, namun pada intinya biasanya akan menampilkan sequencer untuk mengatur catatan, sequencer, sejumlah synthesizer untuk menghasilkan suara, dan kemampuan untuk berinteraksi dengan plugin (biasanya menggunakan VST) untuk menerapkan efek ke suara-suara atau seluruh trek).

LMMS

Ada sejumlah DAW open source untuk Linux, Windows dan sistem operasi lain seperti Qtractor dan Ardour. Namun yang tidak kalah bagus ada LMMS (Linux MultiMedia Studio) sebelumnya sangat mirip dengan FL Studio, dan jika Anda pernah menggunakan FL Studio sebelumnya maka Anda kemungkinan akan nyaman menggunakn LMMS. LMMS merubah namanya ketika menjadi cross-platform, sekarang mereka tersedia untuk Linux, Windows dan Mac. Memiliki fitur musik seperti editor, beat editor, piano input, support MIDI keyboard dan sejumlah instrumen yang bekerja diluar kotak.

Kode LMMS tersedia di GitHub, dan dirilis sebagai sebuah open source yang berada di bawah GPL versi 2.

 

sumber://www.jurnalweb.com

Categories: INFO, MUSIK
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: