Home > INFO, MUSIK > cara membuat musik sendiri di komputer dengan Studio One

cara membuat musik sendiri di komputer dengan Studio One

MEMBUAT MUSIK DIGITAL DENGAN PRESONUS STUDIO ONE (8)
Membuat partitur musik sendiri
cara membuat musik sendiri di komputer dengan Studio One. Ada kalanya sounds set yang ada di studio one tidak sesuai dengan keinginan kita. Dan kita ingin membuat nada-nada lagu kita sendiri. Cara membuatnyapun sangatlah mudah, tinggal kita ‘gambar’ nada-nada yang kita kehendaki pada kotak birama.

Dengan menyimak dengan seksama kamu akan dapat menguasai cara membuat lagu sendiri di laptop atau komputer. Pembuatan lagu di komputer ini murni menggunakan software pembuat lagu, jadi kita mempelajari cara membuat lagu tanpa alat musik. Semua bisa kita lakukan dengan studioone.
Caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka lembar kerja Studio One
membuka studio one
2. Buka folder sounds set, pilih folder Studio One Instruments Vol 1, Drum Kits, kemudian pilih Standard.

menggunakan drum kits
3. Drag n Drop Drum tipe Standard tadi ke lembar kerja Studio One.

membuat drum digital
4. Maka akan muncul menu dari drum standard. Cobalah untuk menekan-nekan tuts pianonya. Maka akan terdengar sound dari drum.

membuat drum menggunakan piano roll

5. Tekanlah tool dari Paint Tool, atau gambar pensil. Dengan menggunakan tool tersebut, gambarlah sebuah birama pada Studio One pada birama 1 – 2.
cara edit midi di studio one

cara copy midi
6. Tekan tool Arrow Tool, atau gambar panah, kemudian double-klik birama tadi. Maka akan muncul halaman editor dibawah halaman kerja Studio One.
cara membuat midi di studio one
tampilan midi editor

7. Cobalah untuk menekan tuts-tuts piano pada halaman editor. Cobalah untuk mencari suara kick drum. Suara kick drum bisa kita dengar bila kita menekan tuts C1.

nada nada pada piano roll
8. Tekan Paint Tool, atau gambar pensil, pada halaman editor.

cara membuat pattern midi
9. Gambarlah partitur kick drum pada halaman editor, sesuaikan dengan keinginan kita.

cara membuat partitur gitar midi

10. Kemudian isikan partitur untuk snare drum. Snare drum bisa kita temukan pada tuts D1.
cara membuat drum looop

11. isikan pula partitur hi-hat, yang ada pada tuts F#1. Sehingga tampak hasil akhir seperti pada gambar dibawah ini.

suara drum

12. Kita bisa melihat pada bagian bawah partitur terdapat garis-garis berdiri. Garis-garis tersebut melambangkan besar-kecilnya volume nada yang ada diatasnya, yang berwarna oranye. Sekarang kita coba mengatur volume dari hi-hat agar tidak seragam, tetapi bergelombang. Tekanlah Arrow Tool atau gambar panah pada halaman editor.

cara membuat pattern drum
13. Kemudian kita klik partitur hi-hat yang akan kita rubah volumenya. Setelah warna partitur berubah kita geser-geser garis volume partitur yang akan kita rubah, misalnya seperti gambar dibawah ini. Cobalah untuk mendengarkannya kembali.
cara mengatur tempo drum

14. Setelah dirasa cocok, kita bisa mengcopy birama tadi, dengan menekan tombol D pada keyboard. Tanpa perlu lagi menggambar birama baru mulai awal.

cara duplikat midi
15. Dengan cara yang sama seperti diatas, cobalah memasukkan instrumen baru, misalnya Bass tipe akustik. Drag n drop dibawah track instrumen drum tadi.

cara membuat bass midi

16. Cobalah untuk mendengar sound nya, dengan menekan tuts piano pada menu Acoustic Bass.

suara bass midi digital

17. Apabila kita tidak cocok dengan sound bass tadi, kita bisa memilih sound bass yang lain dengan cara memilih sound yang lain. Caranya kita tekan rool name nya. Maka akan muncul beberapa jenis sound bass.

macam macam vst bass midi

18. Kita buat birama baru dibawah track drum. Dan cobalah untuk membuat partitur bass pada birama tersebut. misalnya nada C2.
membuat midi bass studio one

membuat variasi bass

19. Copylah birama bass tadi. Kemudian rubah birama ke 2 menjadi nada F2 dan birama ke 3 menjadi nada G2. Cobalah untuk mendengarkannya.

menggabungkan bass dan drum
20. Kemudian masukkan instrumen yang baru, misalnya Clean Guitar. Dibawah track instrumen bass.
membuat lagu format band

membuat demo lagu band

21. Buatlah birama baru untuk clean guitar. Gambarlah seperti contoh dibawah ini atau nada-nada yang lain. Yang perlu diingat, bahwa birama pertama kita tadi bernada C, maka clean guitar kitapun pada birama pertama juga harus bernada C. Apabila kita mengklik pensil pada kotak birama, maka akan muncul not dengan panjang yang seragam. Untuk memanjangkan atau memendekkan not tersebut bisa kita tarik pada ujung not.  Apabila notnya pendek maka ketukannya pendek (harga notnya kecil). Dan apabila notnya panjang, maka ketukannya lama (harga notnya besar).

cara memanjangkan suara not
22. Copylah birama clean guitar tadi. Jangan lupa untuk merubah nadanya, untuk birama ke dua bernada F dan birama ke tiga bernada G.

cara transpose gitar

23. Untuk merubah nama track, kita bisa mengklik nama track sebelumnya. Misalnya drum standard kita rubah namanya menjadi drum.
mengganti nama drum

instrument tanpa vocal

24. Cobalah untuk bereksperimen dengan menambah instrumen lain, atau mengubah suaranya. Sehingga tercipta musik seperti yang kita harapkan. Selamat berlatih.

SUMBER :musisi.org

Categories: INFO, MUSIK
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: