Home > INFO > Kisah Sedih Hilangnya Aset Berharga : pentingnya DRC, Redundansi, dan backup data

Kisah Sedih Hilangnya Aset Berharga : pentingnya DRC, Redundansi, dan backup data

Tulisan ini adalah cerita pahitku dengan Digital Ocean – digitalocean(dot)com, sebuah layanan cloud server yang mempunyai reputasi sangat baik — dimana situs kami fitinline.com pada tanggal 14 September 2016 hilang seluruhnya karena masalah hardware yang terjadi di cloud server Digital Ocean.  Sungguh hal ini bagiku sangat tidak bisa diterima, karena situs kami itu merupakan aset kami yang sangat berharga, gerbang kami dalam menjalankan bisnis kami. Aku mulai cerita ini dari 1 bulan yang lalu, ketika kami memutuskan untuk melakukan upgrade server. Entah ada hubungannya atau tidak, tapi sebelumnya kami tidak pernah menemui masalah. Previously, I was a happy customer.

Bulan Agustus 2016 merupakan bulan yang cukup membanggakan bagi kami, karena Fitinline.com yang 100% bootstrapping dengan sumber daya dan sumber dana yang sangat terbatas dapat menyamai/mengalahkan situs dari startup lain yang punya sumber daya dan dana yang lebih besar (sudah mendapatkan pendanaan seed/pre-series A) dari segi jumlah trafik.  Untuk mendatangkan trafik ke situs kami yang memilih segmen pasar yang niche tentu tidak mudah. Hal ini bisa dilihat dari kecilnya jumlah monthly searches dari kata-kata kunci di area tersebut.

fitinline.com
Sumber: http://www.similarweb.com/website/fitinline.com

Di bulan Agustus 2016, trafik kami meningkat cukup pesat. Tercatat rata-rata kunjungan per hari mencapai 8000 kunjungan dan total kunjungan di bulan tersebut mencapai 247.000 kunjungan. Hal ini merupakan buah dari kerja keras kami dalam meningkatkan organic traffic tanpa menggunakan marketing berbayar. Peningkatan trafik ini ini juga dibarengi dengan meningkatnya jumlah revenue kami secara cukup significant.

Peningkatan trafik ini terjadi sejak awal bulan Agustus 2016, dan server kami  yang mempunyai spec 2GB Memory/2 Core Processor/40GB SSD Disk 3TB Transfer sudah tidak bisa meng-handle request yang masuk. Kami memutuskan untuk melakukan upgrade server pada tanggal 4 Agustus 2016 ke spec  4GB Memory/2 Core Processor/60GB SSD Disk 4TB Transfer.  Proses upgrade pada cloud server yang seharusnya merupakan proses horizontal scalling ternyata membutuhkan downtime yang cukup lama. Di salah satu halaman panduan resize Digital Ocean disebutkan bahwa proses ini akan membutuhkan waktu 1 menit /GB artinya  untuk resize menjadi 60 GB dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit (1 jam). Bahkan team support Digital Ocean menyatakan proses ini bisa memakan waktu kurang lebih 2 jam. Surprisingly, prosesnya selesai dalam waktu hanya kurang lebih 15 menit. Aku cukup puas karena hari-hari berikutnya server kami berjalan normal dan bisa meng-handle lebih banyak request seperti yang diharapkan.

Sampai kemudian pada tanggal 13 September 2016, kami mendapatkan pemberitahuan bahwa Digital Ocean telah melakukan re-booting terhadap server kami, namun disitu disebutkan tidak ada yang perlu dilakukan di sisi kami.

fitinline.com
Tidak ada firasat apapun bahwa itu adalah pertanda sesuatu yang sangat buruk akan terjadi, karena pada hari itu semuanya berjalan normal. Sampai kemudian sesuatu yang buruk itu pun benar-benar terjadi …

14 September 2016 07.00

Berdasarkan data Google Analytic, server kami mulai mati pada pukul 07.00. Hal ini terlihat jumlah trafik yang 0. Namun tidak ada pemberitahuan apapun dari Digital Ocean.

fitinline.com
Masalah baru diketahui ketika kantor kami mulai buka jam 07.30 dan ketika anak buahku mencoba mengakses ke Fitinline.com dan tidak bisa. Akses ke server juga tidak bisa sama sekali. Parahnya Digital Ocean sama sekali tidak menyediakan layanan hotline maupun live chat, sehingga yang bisa dilakukan adalah membuat support ticket.

14 September 2016 07.53

Tiket sudah dikirim, dan 1 jampun berlalu tanpa ada jawaban dari Digital Ocean. Aku mulai panik karena pada jam tersebut pengunjung kami sudah mulai ramai. Lalu aku mencoba mengirim pesan ke akun twiter mereka di @digitalocean. Dua menit kemudian kami mendapatkan jawaban bahwa kami diminta untuk menuliskan tiket, yang tentu saja hal ini sudah kami lakukan. Dan  1,5 jam berlalu sejak kami menulis tiket dan tetap tidak ada jawaban dari Digital Ocean. Aku mengirimkan tweet kembali dengan mempertanyakan SLA mereka.

fitinline.com
Bagaimana mungkin server kami sudah down lebih dari 2 jam dan mereka bilang SLA mereka 99.99%??

14 September 2016 09.24

Kami mendapatkan jawaban pertama dari support Digital Ocean yang intinya terjadi masalah hardware dan sedang proses perbaikan.

fitinline.com

14 September 2016 16.07

Sudah 8 jam berlalu dan server kami masih down! Aku terus mempertanyakan kapan server kami akan up kembali. Dan jawaban yang kami dapat sungguh mengecewakan.

fitinline.com

Bagaimana mungkin perusahaan sekelas Digital Ocean tidak mempunyai time frame untuk menyelesaikan seuatu masalah??? Sebenernya seburuk apakah kondisinya?

14 September 2016 23.48

16 jam setelah server kami down, akhirnya kami mendapatkan berita buruk bahwa pihak Digital Ocean tidak berhasil memperbaiki server kami dan me-recover apapun dari server kami.

fitinline.com

Marah. Geram. Sedih.

Karena apa yang kami bangun bertahun-tahun serasa lenyap seketika, hilang tak bersisa. Karena Digital Ocean tidak menjaga milik kami dengan baik, tidak memelihara fasilitas/layanan mereka dengan baik. Mereka menghilangkan situs kami beserta seluruh datanya, mereka juga menghilangkan mail server beserta data email dan kontak kami!!

15 September 2016 12.21

Mereka memberikan kompensasi berupa kredit setara dengan 3 bulan berlangganan.

fitinline.com

Bagaimana mungkin situs dan data kami hanya dihargai dengan 3 bulan berlangganan!! Tentu saja aku sangat marah dan kemudian Digital Ocean menambahkan kompensasi  dengan memberikan kredit kembali sebesar $120 ke akun kami. Tentu saja hal ini tidak bisa aku terima. Ini sangat tidak sebanding dengan apa yang sudah mereka hilangkan.

Dan lebih buruknya lagi adalah backup yang kami miliki tidak uptodate sehingga proses recovery akan menjadi proses yang painful. Tapi bagaimanapun kami tidak bisa terus larut dalam amarah dan kesedihan, kami harus move on. Fokus pertama kami adalah bagaimana caranya supaya situs fitinline.com apapun kondisinya bisa segera Live. Waktu sangat berharga bagi kami, karena kondisi server yang down selain menimbulkan kerugian/opportunity cost  berupa potensi memperoleh revenue, prospek customer  dan juga kredibilitas kami, hal ini juga bisa berakibat buruk dari sisi Search Engine. Kami memutuskan untuk setup server baru di cloud server lain.

Yang masih mengganjal bagiku adalah kenyataan bahwa kami sebagai konsumen ternyata posisinya sangat lemah. Mengacu pada Term of Service Digital Ocean Pasal 7 (https://www.digitalocean.com/legal/terms/) disebutkan bahwa Digital Ocean tidak dikenai tanggungjawab terhadap data yang di hosting di server mereka. Apakah ini sama seperti layanan parkir yang sebelumnya sudah memberikan peringatan “Kerusakan/Kehilangan bukan tanggung kami” ? Bagaimana jika kerusakan/kehilangan itu disebabkan oleh kelalaian mereka? Lalu bagaimana dengan hak kami sebagai konsumen untuk mendapatkan tempat yang menjamin keamanan dan keselamatan data kami? Jika hal ini tidak terpenuhi lalu apa gunanya sebuah reputasi?

Apa yang sudah hilang tentu sudah tidak bisa dikembalikan lagi, waktu pun tidak bisa diputar untuk sekedar mengatakan ah seandainya aku melakukan backup dengan layak mungkin proses recovery nya tidak akan seberat ini. Tapi aku kesulitan untuk menemukan kata gagal dan menyerah dalam kamus hidupku, yang ada hanyalah berusaha lebih baik lagi. Terima kasih kepada teman-teman baikku yang sudah membantu proses recovery, tim fitinline.com yang memberi dukungan penuh selama proses recovery dan rekan-rekan Jogja Startup yang memberikan simpati dan semangat kepadaku. Saat ini situs fitinline.com sudah bisa diakses di https://fitinline.com walaupun masih dalam proses recovery.

fitinline.com

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 6)

 

http://istofani.com

Categories: INFO
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: