Home > LINUX, Maintenance, VIRTUALISASI > Open Nebula ???

Open Nebula ???

OpenNebula adalah komputasi awan toolkit untuk mengelola heterogen didistribusikan data center infrastruktur. OpenNebula toolkit mengelola infrastruktur virtual data center untuk membangun implementasi swasta, publik dan hibrida infrastruktur sebagai layanan . OpenNebula adalah  perangkat lunak open source dan bebas , tunduk pada persyaratan dari Apache License versi 2.

OpenNebula adalah software dengan lisensi open source yang berfungsi sebagai management operating system berbasis virtualisasi, seperti Xen, VMware, KVM. Instalasi software ini sendiri sangat mudah, karena pada opensuse sudah mempunyai repositori untuk nebula.Berbeda saat opennebula pertama kali release, harus install paket dependensi yang dibutuhkan opennebula satu persatu.

OpenNebula VM Manager adalah sebuah komponen dasasr dari Reservoir. Ia adalah sebuah jawaban open-source untuk berbagai macam jenis virtual machine management yang banyak di gunakan secara proprietary, Interface nya pun dapat dengan mudah dipahami dengan cloud infrastructure tools and services. “OpenNebula adalah sebuah open-source virtual infrastructure engine yang akan memberikan anda implementasi dan re-placement dari virtual machines pada physical resources,” menurut project lead mereka.

  • ARSITEKTUR

Software openNebula memenuhi standar untuk membangun sebuah infrastruktur cloud computing. OpenNebula adalah toolkit yang handal dan mudah dalam membangun infrastruktur cloud computing sebagai service cloud. Open Nebula mempunyai arsitektur yang bersifat flexible, komponen dan interface sesuai dengan kondisi data center dimanapun. Open nebula menyediakan interface cloud infrastruktur hybrid dan private.

OpenNebula orchestrates storage, jaringan, virtualisasi, pemantauan, dan keamanan  teknologi untuk menggelar layanan multi-tier (misalnya cluster menghitung ) sebagai mesin virtual pada infrastruktur didistribusikan, menggabungkan kedua sumber daya pusat data dan sumber daya terpencil awan, sesuai dengan kebijakan alokasi. Menurut Komisi Eropa 2010 laporan “… hanya sedikit awan didedikasikan proyek penelitian dalam arti luas telah dimulai – yang paling menonjol di antara mereka mungkin OpenNebula …”

  • TEHNOLOGI

Toolkit ini mencakup fitur-fitur untuk integrasi, manajemen, skalabilitas, keamanan dan akuntansi.Ia juga mengklaim standarisasi , interoperabilitas dan portabilitas , menyediakan pengguna cloud dan administrator dengan pilihan beberapa antarmuka awan ( Amazon EC2 Query, OGF Terbuka Cloud Computing Antarmuka dan vCloud ) dan hypervisors ( Xen , KVM dan VMware ), dan dapat menampung beberapa hardware dan kombinasi perangkat lunak dalam pusat data .
OpenNebula adalah organisasi mentoring di Google Summer of Code 2010.OpenNebula disponsori oleh C12G .OpenNebula digunakan oleh penyedia hosting, operator telekomunikasi, penyedia jasa IT, pusat superkomputer, laboratorium penelitian, dan proyek-proyek penelitian internasional. Beberapa solusi cloud lainnya menggunakan OpenNebula sebagai mesin cloud atau layanan kernel.

  • LAYANAN

fitur kunci dari OpenNebula untuk pengelolaan komprehensif pusat data virtual untuk mengaktifkan swasta, publik, dan hybrid (cloudbursting) awan. Jika Anda tertarik dengan fitur yang lebih rinci dan fungsionalitas yang Anda dapat merujuk ke Detil Fitur dan Fungsi Panduan disertakan dalam dokumentasi masing-masing versi.fitur kunci dari OpenNebula untuk pengelolaan komprehensif pusat data virtual untuk mengaktifkan swasta, publik, dan hybrid (cloudbursting) awan. Jika Anda tertarik dengan fitur yang lebih rinci dan fungsionalitas yang Anda dapat merujuk ke Detil Fitur dan Fungsi Panduan disertakan dalam dokumentasi masing-masing versi.

*Manfaat Tehnologi OpenNebula:

  • APLIKASI YANG DI HADIRKAN

OpenNebula terbaru versi 1.4 mempunyai virtual computing dimana dapat diakses melalui 2 OS dan konfigurasi. Open Nebula versi 1.4 menyediakan 2 interface yang berbeda yaitu OCCI dan EC2. Dengan software open source ini dapat menggunakan aplikasi berbasis virtual machine dengan OS dan konfigurasi yang berbeda. Open Nebula menawarkan 2 cloud, yaitu dummy dan real.Dummy cloud ditujukan untuk mencoba dua interface. Semuanya hanya simulasi, tidak ada action real yang benar-benar dilaksanakan. Semua operasi yang dilaksanakan, dijalankan di network virtual. Sedangkan real dirancang agar mirip dengan cloud computing. Untuk mendownload open nebula dapat dilakukan.

Demikian pembahasan sedikit tentang contoh Software OpenNebula. semoga Bermanfaat..!!

 

http://hohonugroho07.blogspot.co.id/2014/12/contoh-sofware-cloud-computing.html

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: